PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA N 2 MAGELANG KELAS X SEMESTER II MATERI POKOK TRIGONOMETRI

Main Author: Safi’i Rais, NIM.: 08600057
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54978/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54978/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing sebagai sumber belajar siswa SMA N 2 Magelang kelas X semester II materi pokok trigonometri, mengetahui kualitas LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing, mengetahui pemahaman konsep siswa dan mengetahui respon siswa terhadap LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas X E dan seluruh siswa kelas XG SMA N 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian LKS, lembar evaluasi pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisa data menggunakan kriteria kategori penilaian ideal pada lembar penilaian LKS, teknik penskoran analitik pada lembar evaluasi pembelajaran, dan teknik analisis deskriptif kuantitatif pada angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing sebagai sumber belajar siswa SMA N 2 Magelang kelas X semester II materi pokok trigonometri. Menurut penilaian ahli yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, dan komponen penyajian, LKS yang disusun memperoleh skor rata-rata 171 dari skor maksimal 215 dengan kualitas Baik (B), dan persentase keidealan LKS sebesar 79,53%. Sedangkan menurut penilaian guru bidang studi matematika yang meliputi 10 kriteria penilaian, LKS yang disusun memperoleh skor rata-rata 107,68 dari skor maksimal 120 dengan kualitas Sangat Baik (SB), dan persentase keidealan LKS sebesar 89,73%. Pada uji coba lapangan nilai rata-rata tes meningkat dari 36,43 (pre-test) menjadi 75,53 (post-test). Respon siswa terhadap LKS matematika positif yakni sebesar 77,38%.