PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI ROUDLOTUL ATHFAL DWP (DHARMA WANITA PERSATUAN) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Main Author: Khotimatul Mukaromah, NIM.: 08220044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54893/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54893/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54893/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui metode dan karakteristik perilaku para pembimbing ketika menerapkan metode pengembangan kreativitas anak di Roudlotul Athfal DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa 1) Metode yang digunakan pembimbing dalam mengembangkan kreativitas anak adalah metode pemberian tugas, metode cerita, metode percakapan, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode motivasi, metode bermain, metode eksplorasi, metode karyawisata, metode eksperimen, metode proyek, dan metode musik. 2) Karakteristik perilaku para pembimbing dalam menerapkan pengembangan kreativitas anak adalah kreatif dan menyukai tantangan, menghargai karya anak, menerima anak apa adanya, motivator, ekspresif, pecinta seni, memiliki kecintaan yang tulus terhadap anak, memiliki ketertarikan terhadap perkembangan anak, bersedia mengembangkan potensi anak, hangat dalam bersikap, memiliki sikap yang konsisten dan dinamis, bersedia bermain dengan anak, luwes dan lincah, memberi kesempatan pada anak untuk bereksplorasi, dan memberi kesempatan pada anak untuk mencoba dan mengembangkan kemampuan, daya pikir, dan daya ciptanya.