PENGEMBANGAN SOAL LATIHAN AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI MEMBACA UNTUK SISWA KELAS V SD/MI
Main Author: | Vena Mayuni, NIM.:17104080007 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54804/1/17104080007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54804/2/17104080007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54804/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan soal latihan asesmen kompetensi minimum literasi membaca untuk siswa kelas V SD/MI, dan (2) mengetahui kelayakan soal latihan asesmen kompetensi minimum literasi membaca untuk siswa kelas V SD/MI menurut ahli bahasa, guru kelas V SD/MI, dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan mengguakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui kelayakan produk. Instrumen penelitian berupa kuesioner penilaian kelayakan produk. Penilaian dilakukan oleh satu ahli bahasa, dua guru kelas V SD/MI, dan 12 peserta didik kelas V SD/MI. Data yang didapat berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan soal latihan AKM (asesmen kompetensi minimum) literasi membaca untuk siswa kelas V SD/MI yang menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang menghasilkan desain teruji. Soal latihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) literasi membaca secara keseluruhan memiliki penilaian sangat layak dengan presentase kelayakan 84% dari ahli bahasa, 83% dari guru kelas V SD/MI, dan 95,2% dari respon peserta didik kelas V SD/MI. Dengan demikian, buku soal latihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) literasi membaca untuk siswa kelas V SD/MI ini sangat layak digunakan guna menunjang latihan literasi membaca peserta didik.