PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Main Author: Khizanaturrohmah Nur Maziyah, NIM.: 18106000018
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54746/1/18106000018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54746/2/18106000018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54746/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul dengan pendekatan STEM yang memenuhi kriteria valid untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahap pengembangan PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Kevalidan e-modul dilakukan melalui uji penilaian kualitas oleh para ahli sehingga dapat dinyatakan valid. Penilaian kualitas e-modul dilakukan oleh empat ahli materi dan empat ahli media. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, diperoleh persentase keidealan dari ahli materi sebesar 93,33% dan persentase keidealan dari ahli media sebesar 93,93%. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk pada kualifikasi sangat baik sehingga memenuhi kriteria valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul dengan pendekatan STEM ini layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri.