EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Main Author: Rika Lutfiana Utami, NIM.: 18204020025
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54580/1/18204020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54580/2/18204020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54580/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Arab tidak akan terlepas oleh pendekatan, metode, media maupun strategi yang digunakan agar tujuan dari pembelajaran bahasa tersebut dapat tercapai secara cepat, efektif, dan efesien. Sejalan dengan perkembangan paradigma tentang pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat dan sulit. Salah satu kesulitannya yaitu masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan sektor pendidikan juga terkena dampaknya. Untuk mengatasi hal tersebut pihak sekolah memindahkan pembelajaran menggunakan sistem daring guna mempermudah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Madrasah Tsanawiyah Guppi 13 Trimurjo, dan SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Madrasah Tsanawiyah Guppi 13, dan SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo di kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Research atau penelitian gabungan. Penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif untuk mengetahui kualitas pembelajaran bahasa Arab dan kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun kualiatas pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi covid-19 menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di madrasah tsanawiyah di kabupaten Lampung Tengah pembelajaran dilakukan dengan daring menggunakan whatsapp berjalan tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 dikategorikan “Sangat Tidak Efektif”, hal ini berdasarkan hasil nilai tes efektivitas pembelajaran bahasa Arab yang diperoleh yaitu 35,71%. Adapun hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 berjalan kurang baik dan tidak efesien.