PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela, Kec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur)
Main Author: | Mitha Purnama Sari, NIM.: 19204032014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53577/1/19204032014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53577/2/19204032014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53577/ |
Daftar Isi:
- Semenjak pandemi berlangsung telah memberikan dampak dalam dunia pendidikan. Kebijakan belajar dari rumah kurang begitu optimal. Hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai penyebab yang mempengaruhi aspek perkembangan terutama bahasa dan kognitif. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan harapan media flash card menjadi solusi efektif untuk peningkatan kemampuan keaksaraan dan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development dengan model ADDIE. Lokasi penelitian TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela. Subyek penelitian kelompok B2. Teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data pedoman observasi dan tes (lembar kerja anak). Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teori yang mendukung penelitian ini yakni teori Jean Piaget bahwa berpikir sebagai prasyarat berbahasa salah satunya mulai menggunakan simbol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) alasan logis media flash card penting untuk dikembangkan, meliputi: (1) analyze; (2) design; dan (3) development. (b) implementasi media flash card untuk peningkatan kemampuan keaksaraan dan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun, meliputi: (1) implementation flashcard: kegiatan awal, inti, dan akhir (implementasi I – III); (2) hasil keefektivan flashcard: hasil implementasi keaksaraan I mendapatkan ratarata sebesar (44,96% / MB), II (67,53% / BSH), III (92,87% / BSB). Sedangkan hasil implementasi berpikir simbolik I (55,38% / BSH), II (71,52% / BSH), III (96,00% / BSB); serta (3) evaluation. (c) kekuatan dan kelemahan media flash card yang telah dikembangkan, meliputi: (1) kekuatan flash card, meliputi: desain, memliki manfaat, serta meningkatkan aspek perkembangan bahasa dan kognitif; dan (2) kelemahan flash card, meliputi: jumlah kartu, penggabungan kartu, serta belum diterbitkan.