PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA TAHFIDZ KELAS VIII SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Main Author: Hanin Nur Laili, NIM.: 18106000023
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53435/1/18106000023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53435/2/18106000023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53435/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Ali Maksum pada siswa tahfidz kelas VIII tahun ajaran 2021/ 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 13 siswa dengan teknik sampling yang digunakan total sampling atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk data menghafal Al-Qur’an dan soal untuk data kecerdasan logis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) Dari 13 siswa tahfidz, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an tinggi, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an sedang, dan 3 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an rendah; 2) Dari 13 siswa tahfidz, 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, 9 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis rendah; 3) Terdapat pengaruh signifikan menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis siswa tahfidz terlihat dari thitung (11,958) > ttabel (1,796) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.