UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI MATERI CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS 4 MIN 1 YOGYAKARTA

Main Author: Musfiroh, NIM.: 18104080044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53403/1/18104080044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53403/2/18104080044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53403/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng Kelas 4 di MIN 1 Yogyakarta, (2) Apa kendala guru dalam meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng Kelas 4 di MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran literasi dan 10 siswa kelas 4 MIN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil dari penelitian dapat menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng kelas 4 MIN 1 Yogyakarta, yaitu (1) Pembelajaran literasi dilaksanakan di perpustakaan viii (2) Story telling (3) Media pembelajaran audio visual (4) Meminjam buku dongeng di perpustakaan (5) Bertukar buku dengan teman yang lain (6) Penambahan koleksi buku. Kendala guru dalam meningkatkan baca yaitu (1) Banyaknya koleksi buku dongeng di perpustakaan yang sudah tidak layak (2) Belum adanya pojok baca disetiap ruang kelas.