PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN DI ERA NEW NORMAL

Main Author: Revi Amalia, NIM.: 18104010042
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53356/1/18104010042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53356/2/18104010042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53356/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah ketika berakhirnya pandemi dan berada di era new normal terutama di dunia Pendidikan. Tentu bukan hal yang mudah untuk menerapkan pembelajaran tatap muka bagi sekolah, terlebih guru PAI ketika menjalankan peran sebagai motivator. Banyak sekali upaya yang telah dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, apalagi pada masa pembelajaran tatap muka era new normal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas V SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta di era new normal; 2) Faktor penghambat yang dialami guru untuk memainkan perannya dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dalam teknis analisis data, peneliti mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini adalah: 1) Gambaran proses pembelajaran PAI Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman di era new normal yakni guru dan siswa tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai SOP dari awal hingga akhir pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi; 2) Peran Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman di era new normal meliputi: a) Membangkitkan semangat dan motivasi siswa ketika mengajar, b) Menciptakan suasana yang kondusif, nyaman, dan menyenangkan, c) Memberikan pujian dalam keberhasilan siswa, d) Mengomentari dan memberi masukan pada pekerjaan siswa; 3) Faktor penghambat yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas V SD Muhmammaidyah Condongcatur Sleman di era new normal yakni: a) Kurangnya semangat dan motivasi siswa terhadap pelajaran PAI, b) Keaktifan siswa dalam belajar masih kurang, c) Faktor lingkungan pertemanan yang kurang sesuai, d) Peran orang tua yang kurang memperhatikan anaknya dalam belajar, e) Penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi, seperti penggunaan gadget.