PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI DALAM MENURUNKAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

Main Author: Amanda Nuzlia Habibatul Fitria, NIM.: 18107010065
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53235/1/18107010065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53235/2/18107010065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53235/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi dalam menurunkan kecanduan game online pada remaja. Partisipan penelitian merupakan siswa MTsN 9 Sleman yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian ini ialah eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Indonesian Online Addiction Game Questionaire (Jap, dkk. 2013). Metode analisis data menggunakan uji beda Paired T Test untuk mengetahui perbedaan hasil pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil hitung Paired T Test kelompok eksperimen menunjukkan perbedaan hasil yang signifikan dengan nilai signifikansi 0.030, dimana mean data post test lebih rendah 3,20 poin dibandingkan data pre test, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Pelatihan regulasi emosi memberi pengaruh terhadap penurunan kecanduan game online pada Remaja. Remaja yang mengalami kecanduan game online mengalami penurunan kecanduan game setelah diberikan pelatihan regulasi emosi