EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI (MOTION GRAPHIC) SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA PADA PENONTON YOUTUBE CONVEY INDONESIA

Main Author: Rachmadani Nurul Savitri, NIM.: 17102010083
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52942/1/17102010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52942/2/17102010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52942/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara beranekaragaman kultur, agama, suku, bahasa yang dimilikinya mempertontonkan sebagai salah satu bangsa yang memiliki masyarakat multikultural. Pengetahua dan pemahaman mengenani perbedaan ini sering kali kurang diperhatikan dan menjadi isu yang sensitif di masyarakat. Edukasi mengenai moderasi beragama yang menjadi jalan untuk membuat masyarakt menjadi lebih toleran terhadap perbedaan ini. Hal ini membuat media sosialisasi di era digital ini tumbuh kreatif seperti video animasi (motion graphic) pada kanal Youtueb Convey Indonensia. Pada penelitian bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas video animasi (motion graphic) sebagai media sosialisasi moderasi beragama pada penonton Youtube Convey Indonesia. Pada penelitian menggunakna metode penelitian kuantitatif. Jumlah banyaknya dalam pada penelitian merupakan seluruh subcriber Youtube Convey Indonesia dan diperoleh sampel sebanyak 69 orang responden menggunakan cara purposive sampling dan pengambilan minimalisir sampel melalui rumus Rao Purba. Teori digunakan pada penelitian yaitu teori efektivitas komunikasii dati Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss dengan metode pengumpulan data yaitu kuisioner secara online, wawancara kepada peneliti serta pembuat video. Hasil dari pada penelitian menunnjukkan sejumlah 3,0 yang termasik dalam katergori efektif . Jadi dapat disimpulkan bahwa video animasi (motion graphic) efektif sebagai media sosialisasi moderasi beragama pada penonton Youtube Convey Indonesia.