PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS V DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA
Main Author: | Umi Maliya Silmi, NIM.: 18104010067 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52491/1/18104010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52491/2/18104010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52491/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) seberapa tinggi motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. (2) seberapa tinggi prestasi belajar Baca Tulis Al-Quran peserta didik kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. (3) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Baca Tulis Al-Quran kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. (4) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya yang berjumlah 66 anak. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner/angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruhnya. Hasil penelitian ini adalah : 1) Motivasi belajar peserta didik Kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya termasuk dalam kategori sedang dengan persentase paling tinggi sebesar 72,5%. 2) Prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya termasuk dalam kategori sedang dengan persentase paling tinggi sebesar 65%. Kategori sedang berarti bahwa prestasi belajar Baca tulis Al- Qur’an di SD Islam Plus Masyithoh Kroya sudah baik, namun perlu dikembangkan lagi. 3) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi baca tulis Al-Qur’an. Hal ini dapat ditunjukkan dari output nilai t hitung = 7,306 > t tabel = 1,9966 dan tingkat nilai signifikansi/probabilitas 0,00 0,05 serta memiliki persamaan regresi Y = 18,523 + 0,816 X dengan koefisien regresi bernilai positif. 4) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar baca tulis Al-Qur’an kelas V di SD Islam Plus Masyithoh Kroya sebesar 45,5%. Hal tersebut berdasarkan pada hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,455.