HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN SANTRI PESANTREN ARROYYAN BAITUL HAMDI DALAM MENGAKSES INJO.ID
Main Author: | Zulvinda Aulia Wachidah, NIM.: 12210146 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51824/1/12210146_BAB-I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51824/2/12210146_BAB-II_IV_SEBELUM%20TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51824/ |
Daftar Isi:
- Populernya intagram dikalangan masyarakat kemudian akun Injo.id memanfaatkan media sosial instagram sebagai alat untuk berdakwah. Pada penulisan ini peneliti ingin mengetahui tentang hubungan antara motif dan kepuasan dalam bermedia, sehingga peneliti menggunakan teori uses and gratification untuk melihat perspektif dari para pengguna atau audien. Pendekatan atau teori uses and gratification adalah suatu teori yang melihat suatu penilaian media oleh khalayak. Pada model uses and gratification audien sangat aktif dalam memilih dan menentukan media mana yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan lain sebagainya. Peneliti menjadikan santri Arroyyan Baitul Hamdi sebagai populasi yang berjumlah 158 santri. Kemuadia teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 61 orang. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa tingkat motif dan kepuasan santri Arroyyan Baitul Hamdi dalam mengakses Injo.id keduanya tergolong sedang. Hal tersebut diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 16.0 yang mana mayoritas santri memiliki motif yang sedang dengan perolehan persentase 73,8% dari keseluruhan motif santri dalam mengakses Injo.id. Kemudian tingkat kepuasan santri juga menunjukkan pada tingkatan yang sedang, dengan perolehan mayoritas persentase 68,9% dari total keseluruhan kepuasan santri dalam mengakses Injo.id. Hasil perhitungan nilai rata-rata yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata santri paling tinggi dalam penggunaan media terleptak pada motif dan kepuasan informasi. Hasil dari perhitungan menggunakan rumus chi kuadrat bahwa terdapat hubungan antara motif dan kepuasan santri Arroyyan Baitul Hamdi dalam mengakses Injo.id. Hal tersebut ditunjukkan bahwa 15 indikator antara motif dan kepuasan memiliki nilai kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima