STRATEGI FUNDRAISING WAKAF DI GLOBAL WAKAF ACT (AKSI CEPAT TANGGAP) NUSA TENGGARA BARAT

Main Author: Erny Adi Yanti, NIM.: 18102040008
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51556/1/18102040008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51556/2/18102040008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51556/
Daftar Isi:
  • Wakaf merupakan salah satu instrumen dalam perekonomian dan berperan dalam pengembangan sistem perekonomian syariah. Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat sendiri jumlah potensi tanah wakaf mencapai 9.948 dengan luas lahan mencapai 1,546.83 Ha, sedangkan persentase penduduk miskin mencapai 735,30. Upaya pengelolaan dan pengembangan wakaf terus dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari pemerintah, maupun organisasi filantropi Islam untuk mengurangi angka kemiskinan di Nusa Tenggara Barat. Global Wakaf ACT NTB sebagai institusi pengelola objek wakaf sejak 2017 dalam praktiknya menerapkan strategi fundraising offline dan online, namun sayangnya strategi yang digunakan Global Wakaf ACT NTB belum dapat meningkatkan perolehan wakaf melalui website lembaga dan minat masyarakat berwakaf tunai. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi fundraising wakaf di Global Wakaf ACT NTB dan bagaimana tantangan dalam fundraising wakaf di Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi fundraising wakaf dan tantangan fundraising wakaf yang dilakukan Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan jenis data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Global Wakaf ACT NTB mempunyai kondisi cukup baik dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Strategi fundraising yang dilakukan yaitu menjaga hubungan baik dengan wakif dan melakukan promosi secara rutin, meningkatkan syiar motivasi pengetahuan wakaf, memaksimalkan potensi wakif sebagai simpatisan, meningkatkan program-program wakaf produktif dan memperluas pendistribusian. Tantangan fundraising wakaf Global Wakaf ACT NTB adalah semakin berkembangnya media sosial yang menyediakan berbagai layanan wakaf menjadi tantangan tersendiri untuk menjaring wakif dengan skala yang lebih luas lagi untuk bersaing dengan lembaga sosial lain yang menyediakan jasa layanan wakaf melalui media online.