PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FALAH OELABA TAHUN AJARAN 2020/2021
Main Author: | Dwi Yulianingsih Lamila,, NIM: 17104020019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50674/1/17104020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50674/2/17104020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50674/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di MI Darul Falah Oelaba. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental. Metode penelitian ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Oelaba pada tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yaitu tes awal dan tes akhir. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Oelaba Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil penguasaan kosakata bahasa Arab berdasarkan pengujian tes yang dilakukan sebelum penggunaan media Scrabble dan tes sesudah penggunaan media Scrabble. Pada pengukuran awal diperoleh skor rata-rata Pretest sebesar 40,63 dengan nilai minimum sebesar 10 dan nilai maksimum 55 dan rata-rata Posttest sebesar 60,47 dengan nilai minimum yang diperoleh adalah 60 dan nilai maksimum sebesar 100. Uji hipotesis diperoleh nilai Z= -3,304 dengan nilai Asymp sig. (2 tailed) = 0,001 < 0,05, dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga hipotesis “Ada pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Oelaba Tahun Ajaran 2020/2021” diterima