HUBUNGAN POLA ASUH AUTORITATIF DAN RELIGIUSITAS DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA MAN DI YOGYAKARTA
Main Author: | Asfah Faela Shufa, NIM.13710093 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50110/1/13710093_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50110/2/13710093_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh autoritatif dan religiusitas dengan kecerdasan emosi pada siswa MAN di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini memiliki karakteristik yaitu remaja usia 15-18 tahun, serta memiliki orang tua yang masih utuh. Jumlah subjek penelitian ini ada 125 siswa, yang terdiri dari siswa MAN 1 dan 2 Yogyakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh autoritatif, religiusitas dengan kecerdasan emosi adalah p = 0,048 (p<0,05). Berarti bahwa secara bersama sama pola asuh autoritatif dan religiusitas memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan emosi. Analisis pada masing masing variabel bebas menunjukan pola asuh autoritatif memiliki hubungan posistif dengan kecerdasan emosi (p = 0,048 ), sementara religiusitas memiliki hubungan positif dengan kecerdasan emosi (p = 0,000).