STRATEGI BRANDING KAWASAN EKOWISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MASYARAKAT DI DESA NGLANGGERAN

Main Author: Muhammad Tahsinurridlo, NIM.: 17102030002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49965/1/17102030002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49965/2/17102030002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49965/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi branding Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dalam upaya pengembangan masyarakat Desa Nglanggeran dan dampaknya terhadap masyarakat. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi branding yang dilakukan oleh pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran terdiri dari 5 tahap yaitu, penggalian potensi, menentukan dan memperkuat identitas, pemasaran menggunakan media informasi, branding dengan menggerakan stakeholders, monitoring, evaluasi dan review. Sedangkan dampak yang ditimbulkan oleh strategi branding terdiri dari dampak ekonomi, dampak sosial budaya, dan dampak lingkungan.