PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA SMP

Main Author: Indri Nur Anggraini, NIM. 17106090010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49543/1/17106090010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49543/2/17106090010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49543/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul fisika dengan model Discovery Leraning, 2) mengetahui kualitas modul fisika dengan model Discovery Learning, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul Fisika model Discovery Learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan peneletian Reserch and Development (R&D), prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah, yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate, penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran pada validator, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik. Penilaian kualitas modul Fisika menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini menghasilkan modul Fisika dengan model Discovery Learning. Kualitas modul Fisika berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 3,50, ahli media dengan skor 3,40 dan guru IPA dengan skor 3,60. Ketiga Skor tersebut memperoleh klasifikasi sangat baik (SB). Respon peserta didik terhadap modul pada uji coba terbatas memperoleh rerata skor 0,90 dengan kriteria setuju (S). Modul Fisika model Discovery Learning pada materi suhu dan perubahannya dapat diterima siswa dan digunakan sebagai media pembelajaran Fisika.