MANAJEMEN KURIKULUM HAFALAN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Main Author: Faizatin Nur Rahma, NIM. 1710600025
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/1/17106000025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/2/17106000025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/
ctrlnum 49473
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/</relation><title>MANAJEMEN KURIKULUM HAFALAN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA</title><creator>Faizatin Nur Rahma, NIM. 1710600025</creator><subject>Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam</subject><description>Kurikulum hafalan Al-Qur&#x2019;an di SDIT Salsabila 3 Banguntapan merupakan manifestasi dari kurikulum khas yayasan yang tanpa mengesampingkan kurikulum nasional dalam aplikasi nya. SDIT Salsabila 3 Banguntapan menempatkan posisi Al-Qur&#x2019;an sebagai tujuan strategis yang harus dicapai pada visi sekolah yaitu mewujudkan generasi emas Qur&#x2019;ani Indonesia 2045 yang berakhlak mulia, cakap dan cendekia. Selain itu SDIT Salsabila 3 menggali serta memanfaatkan usia-usia emas anak atau Golden Age dengan maksimal salah satunya dengan hafalan Al-Qur&#x2019;an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengapa SDIT Salsabila 3 Banguntapan memerlukan manajemen kurikulum hafalan Al-Qur&#x2019;an? 2) Bagaimana capaian dari manajemen kurikulum Al-Qur&#x2019;an dalam prestasi hafalan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan dan 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kurikulum Al-Qur&#x2019;an di SDIT Salsabila 3 Banguntapan.&#xD; Penelitian ini berlokasi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung di sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator bidang Al-Qur&#x2019;an dan dewan tahfidz atau guru Al-Qur&#x2019;an. Teknik analisis dan olah data menggunakan metode Miles dan Huberman (1984) dengan menggunakan empat langkah yaitu transcript, coding, grouping dan comparing serta contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik.&#xD; Hasil penelitian: (1) Manajemen kurikulum merupakan perangkat yang dibutuhkan sekolah dan tenaga pendidik dalam menyiapkan, mengorganisir, mengelola serta mengendalikan proses kegiatan belajar mengajar guna mencapai visi sekolah dan tujuan kurikulum hafalan siswa yang telah ditetapkan. Selain itu, kualitas manajemen kurikulum yang dilakukan oleh sekolah berpengaruh terhadap kualitas mutu dari sekolah tersebut dan manajemen kurikulum yang baik dan diterapkan dengan baik mampu mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien. (2) Hasil capaian dari manajemen kurikulum hafalan siswa sebelum pandemi Covid-19 dipresentasikan diangka 80-90%. Sementara itu karena adanya pandemi Covid-19 capaian hasil belajar dan mengajar menurun hingga 20-30%. Hal ini karena penyesuaian pembelajaran jarak jauh dan daring oleh peserta didik, guru dan orang tua. (3) Faktor pendukung manajemen kurikulum hafalan siswa yaitu landasan ideologi sekolah, Al-Qur&#x2019;an sebagai program unggulan yayasan, dukungan orang tua dan apresiasi guru. Sementara itu faktor penghambat&#xD; xiii&#xD; manajemen kurikulum hafalan siswa yaitu dokumentasi yang kurang baik dan kontrak kerja dewan tahfidz.</description><date>2022</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/1/17106000025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/2/17106000025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Faizatin Nur Rahma, NIM. 1710600025 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM HAFALAN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>49473</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Faizatin Nur Rahma, NIM. 1710600025
title MANAJEMEN KURIKULUM HAFALAN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA
publishDate 2022
isbn 17106000025
9781710600025
topic Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
url https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/1/17106000025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/2/17106000025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49473/
contents Kurikulum hafalan Al-Qur’an di SDIT Salsabila 3 Banguntapan merupakan manifestasi dari kurikulum khas yayasan yang tanpa mengesampingkan kurikulum nasional dalam aplikasi nya. SDIT Salsabila 3 Banguntapan menempatkan posisi Al-Qur’an sebagai tujuan strategis yang harus dicapai pada visi sekolah yaitu mewujudkan generasi emas Qur’ani Indonesia 2045 yang berakhlak mulia, cakap dan cendekia. Selain itu SDIT Salsabila 3 menggali serta memanfaatkan usia-usia emas anak atau Golden Age dengan maksimal salah satunya dengan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengapa SDIT Salsabila 3 Banguntapan memerlukan manajemen kurikulum hafalan Al-Qur’an? 2) Bagaimana capaian dari manajemen kurikulum Al-Qur’an dalam prestasi hafalan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan dan 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kurikulum Al-Qur’an di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini berlokasi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung di sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator bidang Al-Qur’an dan dewan tahfidz atau guru Al-Qur’an. Teknik analisis dan olah data menggunakan metode Miles dan Huberman (1984) dengan menggunakan empat langkah yaitu transcript, coding, grouping dan comparing serta contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Manajemen kurikulum merupakan perangkat yang dibutuhkan sekolah dan tenaga pendidik dalam menyiapkan, mengorganisir, mengelola serta mengendalikan proses kegiatan belajar mengajar guna mencapai visi sekolah dan tujuan kurikulum hafalan siswa yang telah ditetapkan. Selain itu, kualitas manajemen kurikulum yang dilakukan oleh sekolah berpengaruh terhadap kualitas mutu dari sekolah tersebut dan manajemen kurikulum yang baik dan diterapkan dengan baik mampu mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien. (2) Hasil capaian dari manajemen kurikulum hafalan siswa sebelum pandemi Covid-19 dipresentasikan diangka 80-90%. Sementara itu karena adanya pandemi Covid-19 capaian hasil belajar dan mengajar menurun hingga 20-30%. Hal ini karena penyesuaian pembelajaran jarak jauh dan daring oleh peserta didik, guru dan orang tua. (3) Faktor pendukung manajemen kurikulum hafalan siswa yaitu landasan ideologi sekolah, Al-Qur’an sebagai program unggulan yayasan, dukungan orang tua dan apresiasi guru. Sementara itu faktor penghambat xiii manajemen kurikulum hafalan siswa yaitu dokumentasi yang kurang baik dan kontrak kerja dewan tahfidz.
id IOS2755.49473
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2023-02-24T21:28:02Z
last_indexed 2023-02-24T21:28:02Z
recordtype dc
_version_ 1765822800822534144
score 17.538404