PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM

Main Author: ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/
ctrlnum 4943
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/</relation><title>PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM</title><creator>ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207, </creator><subject>Muamalat</subject><description>Cara-cara pemasaran melalui kemasan produk yang berlebihan dan advertensi (iklan) manipulatif dapat mengancam kemaslahatan umat manusia yang menjadi tujuan utama syari'at Islam. Dalam kemasan produk, meskipun berguna sebagai pelindung isi dan mampu memuaskan konsumen, akan tetapi mudah sekali menjadi limbah berupa sampah, yang apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan masyarakat secara fisik. Sedagkan tindakan-tindakan manipulatif dan penggunaan metode yang menyesatkan dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televise saat ini, cepat atau lambat pengaruhnya akan mengancam tujuan syari'at Islam. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitik. Adapun data diperoleh melalui populasi dan sample, dan cara pengumpulan datanya dengan cara observasi dalam bentuk pengamatan terkendali. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan normative. &#xD; Pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam merupakan cara pemasaran yang didasarkan pada asas teori social Islam, berupa prinsip bahwa kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Cara-cara pemasaran produk perlengkapan mandi melalui dua alat pemasaran yang berupa kemasan dan advertensi (iklan) di Televisi, tidak sesuai dengan langkah-langkah pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam, terutama dengan langkah kedua mengenai cara-cara pemasaran yang harus sesuai dengan tuntutan syari'at Islam. </description><date>2010-09-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf</identifier><identifier> ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207, (2010) PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. </identifier><recordID>4943</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207
title PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM
topic Muamalat
url http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/
contents Cara-cara pemasaran melalui kemasan produk yang berlebihan dan advertensi (iklan) manipulatif dapat mengancam kemaslahatan umat manusia yang menjadi tujuan utama syari'at Islam. Dalam kemasan produk, meskipun berguna sebagai pelindung isi dan mampu memuaskan konsumen, akan tetapi mudah sekali menjadi limbah berupa sampah, yang apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan masyarakat secara fisik. Sedagkan tindakan-tindakan manipulatif dan penggunaan metode yang menyesatkan dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televise saat ini, cepat atau lambat pengaruhnya akan mengancam tujuan syari'at Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitik. Adapun data diperoleh melalui populasi dan sample, dan cara pengumpulan datanya dengan cara observasi dalam bentuk pengamatan terkendali. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan normative. Pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam merupakan cara pemasaran yang didasarkan pada asas teori social Islam, berupa prinsip bahwa kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Cara-cara pemasaran produk perlengkapan mandi melalui dua alat pemasaran yang berupa kemasan dan advertensi (iklan) di Televisi, tidak sesuai dengan langkah-langkah pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam, terutama dengan langkah kedua mengenai cara-cara pemasaran yang harus sesuai dengan tuntutan syari'at Islam.
id IOS2755.4943
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2755
first_indexed 2016-12-02T15:29:14Z
last_indexed 2016-12-02T15:29:14Z
recordtype dc
_version_ 1552618704352575488
score 17.538404