PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM
Main Author: | ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207 |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/ |
ctrlnum |
4943 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/</relation><title>PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM</title><creator>ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207, </creator><subject>Muamalat</subject><description>Cara-cara pemasaran melalui kemasan produk yang berlebihan dan advertensi (iklan) manipulatif dapat mengancam kemaslahatan umat manusia yang menjadi tujuan utama syari'at Islam. Dalam kemasan produk, meskipun berguna sebagai pelindung isi dan mampu memuaskan konsumen, akan tetapi mudah sekali menjadi limbah berupa sampah, yang apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan masyarakat secara fisik. Sedagkan tindakan-tindakan manipulatif dan penggunaan metode yang menyesatkan dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televise saat ini, cepat atau lambat pengaruhnya akan mengancam tujuan syari'at Islam. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitik. Adapun data diperoleh melalui populasi dan sample, dan cara pengumpulan datanya dengan cara observasi dalam bentuk pengamatan terkendali. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan normative. 
Pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam merupakan cara pemasaran yang didasarkan pada asas teori social Islam, berupa prinsip bahwa kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Cara-cara pemasaran produk perlengkapan mandi melalui dua alat pemasaran yang berupa kemasan dan advertensi (iklan) di Televisi, tidak sesuai dengan langkah-langkah pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam, terutama dengan langkah kedua mengenai cara-cara pemasaran yang harus sesuai dengan tuntutan syari'at Islam. </description><date>2010-09-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf</identifier><identifier> ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207, (2010) PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. </identifier><recordID>4943</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207 |
title |
PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM |
topic |
Muamalat |
url |
http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/4943/ |
contents |
Cara-cara pemasaran melalui kemasan produk yang berlebihan dan advertensi (iklan) manipulatif dapat mengancam kemaslahatan umat manusia yang menjadi tujuan utama syari'at Islam. Dalam kemasan produk, meskipun berguna sebagai pelindung isi dan mampu memuaskan konsumen, akan tetapi mudah sekali menjadi limbah berupa sampah, yang apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan masyarakat secara fisik. Sedagkan tindakan-tindakan manipulatif dan penggunaan metode yang menyesatkan dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televise saat ini, cepat atau lambat pengaruhnya akan mengancam tujuan syari'at Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitik. Adapun data diperoleh melalui populasi dan sample, dan cara pengumpulan datanya dengan cara observasi dalam bentuk pengamatan terkendali. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan normative.
Pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam merupakan cara pemasaran yang didasarkan pada asas teori social Islam, berupa prinsip bahwa kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Cara-cara pemasaran produk perlengkapan mandi melalui dua alat pemasaran yang berupa kemasan dan advertensi (iklan) di Televisi, tidak sesuai dengan langkah-langkah pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam, terutama dengan langkah kedua mengenai cara-cara pemasaran yang harus sesuai dengan tuntutan syari'at Islam. |
id |
IOS2755.4943 |
institution |
UIN Sunan Kalijaga |
affiliation |
onesearch.apptis.or.id |
institution_id |
319 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga |
library_id |
261 |
collection |
Digital Library UIN Sunan Kalijaga |
repository_id |
2755 |
subject_area |
Pendidikan Agama Akuntansi Ilmu Sosial dan Humaniora |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2755 |
first_indexed |
2016-12-02T15:29:14Z |
last_indexed |
2016-12-02T15:29:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1552618704352575488 |
score |
17.538404 |