PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SECARA DARING PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020/2021

Main Author: Dede Nursopiati, NIM 17104020092
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49362/1/17104020092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49362/2/17104020092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49362/
Daftar Isi:
  • Keterampilan menulis merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa. Aktifitas menulis ini menjadi bagian yang sulit bagi para siswa di Madrasah Aliyah Darussalam Yogyakarta, karena membutuhkan beberapa keterampilan, yaitu kemahiran dalam membentuk huruf serta menguasai ejaan dan kemahiran melahirkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan berbahasa Arab. Pada saat pandemi covid 19 ini, bukan hanya siswa yang merasa kesulitan, bahkan guru pun dalam proses pembelajaran daring mengalami hal yang sama. Siswa harus belajar bahasa Arab dari rumah masing-masing yang notabene bahasa Arab adalah pelajaran paling sulit khususnya dalam bagian maharah al-kitabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran maharah al kitabah secara daring, faktor yang mempengaruhi pembelajaran tersebut, dan juga solusi pada siswa di Madrasah Aliyah Darussalam Yogyakarta Kelas XI Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan, yaitu memaparkan dan menjelaskan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi di Madrasah Aliyah Darussalam Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi baik secara daring maupun luring. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah berikut ini: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah masih banyak diantara siswa Madrasah Aliyah Darussalam Yogyakarta yang belum bisa menulis bahasa Arab dengan baik dan benar. Kontribusi dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir problematika pembelajaran maharah al-kitabah di Madrasah Aliyah Darussalam Yogyakarta Kelas XI tahun 2020/2021