HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL AlQURAN DENGAN PRESTASI HAFALAN PESERTA DIDIK TAHFIDZ KELAS VII MTs AL-I’ANAH PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Author: Kusnul Fitriyani, NIM. 17104010073
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/1/17104010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/2/17104010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/
ctrlnum 49355
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/</relation><title>HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL AlQURAN DENGAN PRESTASI HAFALAN PESERTA DIDIK TAHFIDZ KELAS VII MTs AL-I&#x2019;ANAH PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021</title><creator>Kusnul Fitriyani, NIM. 17104010073</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya peserta didik yang memiliki prestasi hafalan bagus ia juga akan memiliki dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran yang bagus juga. Namun pada kenyataannya ada peserta didik tahfidz yang memiliki prestasi hafalan bagus tapi dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran kurang bagus begitupun sebaliknya. Maka dari itu perlu adanya penelitian lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya, 2) efikasi diri menghafal AlQuran, dan 3) prestasi hafalan hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021, 4) menguji secara empiris hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan, 5) menguji secara empiris hubungan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan, dan 6) menguji secara empiris hubungan secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021.&#xD; Metode penelitian menggunakan jenis expost facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 yang mengambil program tahfidz secara khusus. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda.&#xD; Hasil penelitian ini adalah tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya (N= 28, mean= 87.64, SD= 6.453), 2) efikasi diri menghafal AlQuran (N= 28, mean= 65.50, SD= 6.861), dan 3) prestasi hafalan (N= 28, mean= 82.32, SD= 4.651) peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori sedang, 4) Tidak ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx1y= 0.315, p= 0.051&gt; 0.05), 5) Ada hubungan positif efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx2y= 0.420, p= 0.013&lt; 0.05), 6) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I&#x2019;anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (R=0.0.533, p=0.015&lt;0.05).</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/1/17104010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/2/17104010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Kusnul Fitriyani, NIM. 17104010073 (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL AlQURAN DENGAN PRESTASI HAFALAN PESERTA DIDIK TAHFIDZ KELAS VII MTs AL-I&#x2019;ANAH PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>49355</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kusnul Fitriyani, NIM. 17104010073
title HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL AlQURAN DENGAN PRESTASI HAFALAN PESERTA DIDIK TAHFIDZ KELAS VII MTs AL-I’ANAH PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
publishDate 2021
isbn 17104010073
topic Pendidikan Agama Islam
url https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/1/17104010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/2/17104010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/
contents Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya peserta didik yang memiliki prestasi hafalan bagus ia juga akan memiliki dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran yang bagus juga. Namun pada kenyataannya ada peserta didik tahfidz yang memiliki prestasi hafalan bagus tapi dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran kurang bagus begitupun sebaliknya. Maka dari itu perlu adanya penelitian lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya, 2) efikasi diri menghafal AlQuran, dan 3) prestasi hafalan hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021, 4) menguji secara empiris hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan, 5) menguji secara empiris hubungan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan, dan 6) menguji secara empiris hubungan secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian menggunakan jenis expost facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 yang mengambil program tahfidz secara khusus. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya (N= 28, mean= 87.64, SD= 6.453), 2) efikasi diri menghafal AlQuran (N= 28, mean= 65.50, SD= 6.861), dan 3) prestasi hafalan (N= 28, mean= 82.32, SD= 4.651) peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori sedang, 4) Tidak ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx1y= 0.315, p= 0.051> 0.05), 5) Ada hubungan positif efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx2y= 0.420, p= 0.013< 0.05), 6) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I’anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (R=0.0.533, p=0.015<0.05).
id IOS2755.49355
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2023-02-24T21:28:00Z
last_indexed 2023-02-24T21:28:00Z
recordtype dc
_version_ 1765822800186048512
score 17.538404