PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL
Main Author: | Salsabila, NIM.: 15680018 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47855/1/15680018_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA%281%29.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47855/2/15680018_BAB%20II_S.D.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47855/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap keaktifan belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI MIPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas tersebut yaitu, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan non test, dengan instrumen berupa angket keaktifan belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan test, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sel. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney (U-test) untuk menguji keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap keaktifan belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig sebesar 0,003 yang berarti nilai sig < 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti nilai sig < 0,05.