PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

Main Author: Nurfaedah Jazirah, NIM.: 17106000036
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47787/1/17106000036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47787/2/17106000036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi statistika kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap model pengembangan 4-D meliputi : Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan yakni instrumen penilaian LKPD. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik dan pengembangan LKPD dilakukan dengan tahap : Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), dan Develop (Pengembangan). Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Disseminate (Penyebaran). 2) Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan adalah sangat baik dan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata tiap aspeknya adalah 0,975 dan didalamnya memuat nilai rata-rata validitas ahli materi 0,98 dan nilai rata-rata validitas ahli media 0,97.