PENGEMBANGAN LKPD MATERI PELUANG EMPIRIK & TEORETIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Main Author: | Mazza Safana, NIM.: 17106000029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47786/1/17106000029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47786/2/17106000029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47786/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik ini. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Sumber data dan subjek penelitian yaitu validator ahli media dan ahli materi untuk memvalidasi produk LKPD, dan validator ahli untuk memvalidasi instrumen tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi LKPD dan lembar validasi instrumen tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula Aiken’s V. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, berdasarkan validasi dan revisi yang sudah dilakukan terhadap LKPD ini didapatkan skor rata-rata kevalidan dari ketiga validator materi yaitu V=1,00, dan validator media yaitu V=1,00. Dengan memperhatikan kategori standar validitas yang ditentukan oleh Aiken, LKPD materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang dikembangkan termasuk dalam ketegori valid.