HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEROHANIAN ISLAM DENGAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMU NEGERI 4 YOGYAKARTA
Main Author: | Yusriatun Musta'idah, NIM. 00410025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47703/1/00410255_Bab%20I_Bab%20V_Pustaka.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47703/2/00410255_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47703/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan ekstra kurikuler Kerohanian Islam merupakan kegiatan keagamaan siswa yang dikelola oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Jenis kegiatan keagamaan ini berperan aktif dalarn menunjang tercapainya tujuan Pendidikan Agarna Islam di sekolah khususnya dalam membantu meningkatkan pengamalan agarna Islam siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler tersebut meliputi dua hal, Pertarna kegiatan yang diselenggarakan secara rutin, seperti kajian bulanan, shalat dhuhur berjama' ah, shalat Jum' at bersama, pengurnpulan infaq dan tasyakuran muslimah. Kedua, kegiatan yang diselenggarakan secara insidental, yaitu kegiatan yang diselenggarakan sejalan dengan peristiwa tertentu yang sepenuhnya dilaksanakan oleh siswa di bawah pengawasan dan bimbingan dari guru Pendidikan Agama Islam. Kegiatan insidental tersebut antara lain : peringatan Isra Mi'raj, 1 Muharram, Maulid nabi, pengajian akbar pelajar, bazar, lomba-lomba Islarni, latihan nasyid, dan out bond Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler Kerohanian Islam dengan pengamalan agama Islam siswa sebesar 0,602 dengan tingkat korelasi sedang/cukup. Dengan demikian hipotesa alternatifnya terjawab bahwa ada korelasi yang signifikan antara kegiatan Kerohanian Islam dengan pengamalan agama Islam siswa.