PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Main Author: Indah Oktavia Ningsih, NIM.: 17106000041
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47295/1/17106000041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47295/2/17106000041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47295/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan aplikasi game edukasi RAHMATIC (Ratio Mathematics) berbasis android dengan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Aplikasi game edukasi ini memuat materi, game, dan kuis tentang perbandingan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Penilaian kelayakan produk dilakukan dengan proses validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi hingga produk dinyatakan valid oleh para ahli. Penilaian validitas dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Penilaian oleh ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 87,5% (sangat baik) dengan memuat indikator pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Adapun penilaian oleh ahli media memperoleh hasil persentase sebesar 84,72% (sangat baik). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, aplikasi game edukasi ini dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa game edukasi RAHMATIC berbasis android layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi perbandingan.