IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTs N 9 BANTUL SELAMA MASA PANDEMICOVID-19

Main Author: Muhammad Iqbal Mustafa, NIM. 17104010111
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47265/1/17104010111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47265/2/17104010111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47265/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana implementasi pembelajaran daring menggunakan media youtube dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs N 9 Bantul selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar di MTs N 9 Bantul. Subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, Peserta didik kelas VIII MTs N 9 Bantul. Obyek penelitiannya adalah implementasi pembelajaran daring mata pelajaran Al- Qur’an Hadist menggunakan media youtube dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul selama masa pandemi covid-19.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa sumber yang diambil dari narasumber, data yang ada, dan pengamatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube dilaksanakan atas dasar keputusan yang ditetapkan oleh pihak Kementerian Agama Yogyakarta yang mana setiap guru madrasah harus bisa membuat video pembelajaran minimal satu. Oleh karena itu, menindak lanjuti keputusan tersebut MTs N 9 Bantul menerapkan pembelajaran daring menggunakan media youtube dalam proses pembelajarannya. 2) Dari data nilai yang ada pembelajaran daring menggunakan media youtube mampu meningkatkan daya serap pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. 3) Faktor pendukung penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube yaitu kegiatan mendapat persetujuan oleh Kepala Madrasah dan Pihak Pemerintahan Kemenag Yogyakarta serta dukungan sarana prasarana. 4) Faktor kendala penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube yaitu keterbatasan penyediaan kuota internet, waktu dan semangat pembuatan video pembelajaran, dan keterbatasan media elektronik bagi siswa.