PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAP SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA
Main Author: | Ulin Nuha, NIM.: 14680004 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47093/1/14680004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47093/2/14680004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47093/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis mind map sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta dan mengetahui kualitas e-modul. Penelitian ini termasuk Penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Kualitas dari produk e-modul ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 respon siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul berbasis mind map pada materi ekosistem yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kualitas sangat baik dengan masing-masing persentase sebesar 92,85% (ahli materi), 95% (ahli media), 95,42% (peer reviewer), 84,28% (guru biologi) dan respon siswa sebesar 90,24%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind map yang dikembangkan berkualitas sangat baik layak digunakan sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta.