PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Main Author: Nur Aini, NIM.: 13680037
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45581/1/13680037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45581/2/13680037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45581/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan media pembelajaran biologi berbasis animasi sparkol videoscribe dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem peredaran darah untuk siswa kelas XI SMA/MA memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kualitas, dan mengetahui respon siswa terhadap produk media pembelajaran biologi berbasis animasi sparkol videoscribe dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok sistem peredaran darah untuk siswa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & development) dengan model 4D dan dibatasi sampai tahap 3D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian kualitas media pembelajaran video berbasis animasi Sparkol VideoScribe secara keseluruhan berdasarkan penilaian para ahli, peer reviewer, dan guru biologi masuk kategori layak dengan nilai persentasse ideal 91,59% Respon siswa terhadap media pembelajaran video berbasis animasi Sparkol VideoScribe masuk kategori baik/positif dengan nilai persentase ideal untuk semua aspek 81,09%, sehingga produk dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam pembelajaran biologi untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran.