PEMERTAHANAN NILAI MORALITAS: PENDIDIKAN DAN KONSTRUKSI SOSIAL DUSUN MLANGI
Main Author: | Enjang Jaenudin, NIM.: 18200010140 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45062/1/18200010140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45062/2/18200010140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45062/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji bagaimana pendidikan moral, konstruksi moral serta pemertahanan moral di Dusun Mlangi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi data dan member checking. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori konstruksi sosial Peter L Berger dan Luckmann dan pendidikan nilai moral Islam. Hasil penelitan ini menyipulkan tiga poin, yaiut: 1) pendidikan nilai moral di dusun Mlangi memuat nilai-nilai islami sebagaimana terdapat pada Alquran surat AlLuqman ayat 12-19 melalui model pendidikan formal maupun nonformal; 2) Nilainilai moral yang ada di Dusun Mlangi itu dikontruksi melalui beberapa proses, yaitu melalui momen internalisasi, objektivikasi dan eksternalisasi; dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan warga Mlangi dalam mempertahankan nilai moral, di antaranya melalui pembinaan dan pengembangan nilai moral di lingkungan keluarga, pendidikan dan sosial. Sementara itu, strategi pemertahanan nilai moral yang ada di dusun Mlangi adalah berpegang teguh pada adat istiadat warisan leluhur, musyawarah dan silaturahmi.