KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Authors: Hibana, -, Milda Wiranti,, -, Annisa Fitria Fatimatuz Zahro’,, -
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: eng
Terbitan: Rumah Kreatif Wadas Kelir Karangklesem Rt 07 Rw 05 Purwokerto Selatan, Banyumas , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44943/1/Konsep%20PAUD_Dr.%20Hj.%20Hibana%2C%20M.%20Pd..pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44943/12/surat-surat-pernyataan1633321885.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44943/
Daftar Isi:
  • Pengembangan karakter luhur tidak secara langsung ada dalam diri manusia yang lahir. Tetapi membutuhkan proses yang harus dialui sehingga dapat melekat sejak manusia lahir sampai menjadi dewasa. Berawal ketika seorang anak lahir dan bertumbuh kembang, kemudian memasuki masa dewasa di lingkungan tempat tingggal orang tua, berinteraksi di masyarakat terutama temantemannya di lingkungan pendidikan atau sekolah, dan di lingkungan umum yang baru. Selaku wali dari anak, tidak banyak dipahami bahwa tindakan orang tua dalam bertingkah laku dan bersikap negatif terhadap anaknya malah berdampak buruk bagi masa sekarang dan masa depan anak. Contohnya, saat orang tua memberi hukuman dengan kekerasan dan anak meniru tindakan tersebut. Dari hal itu, akan banyak resiko buruk bagi sikap anak, terutama pada mental anak. jika traumatis tersebut sangat melekat, maka tidak bisa dipungkiri akan terbawa sampai si anak tumbuh dewasa. Sehingga contoh sikap moral dan budi pekerti yang baik harus ditanamkan terhadap diri seorang anak.