IDENTIFIKASI PENGARUH PENGHAPUSAN UJIAN NASIONAL (UN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK MAN DI KOTA YOGYAKARTA

Main Author: Fatimatus Zahro, NIM.: 16670004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44872/1/16670004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44872/2/16670004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44872/
Daftar Isi:
  • Ujian Nasional dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik. Ujian Nasional memiliki pro dan kontra di masyarakat. Penyelenggaraan ujian nasional berdampak secara materiil ataupun non materiil. Secara materiil, penyelenggaraan UN menghabiskan dana yang sangat besar, sedangkan secara non materiil, penyelenggaraan UN berdampak pada psikologis peserta didik. Salah satu dampak psikologis tersebut adalah motivasi belajar peserta didik. Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan bahwa Ujian Nasional akan dihapus. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional adalah Kimia. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh dihapuskannya Ujian Nasional terhadap motivasi belajar Kimia peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian dan wawancara sebagai data pendukung. Sebelum instrumen penelitian diberikan pada sampel, sebelumnya dilakukan validasi isi dan empiris. Validasi isi dilakukan oleh 2 validator ahli dan validasi empiris dilakukan terhadap 43 peserta didik. Angket yang digunakan berskala likert serta analisis data menggunakan program SPSS Statistic. Penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta dengan populasi 209 dan sampel sebanyak 70 peserta didik. Berdasarkan data yang telah dianalisis diketahui bahwa penghapusan Ujian Nasional memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar Kimia peserta didik sebesar 42,2%. Pengaruh tersebut terhadap motivasi belajar Kimia peserta didik ini berarah positif. Sedangkan, hasil analisis data faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Kimia dapat dikelompokkkan menjadi 7 faktor.