PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI PRISMA DAN LIMAS

Main Author: DEPRI ADELIA, NIM. 16600072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44508/1/16600072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44508/2/16600072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44508/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan rasa ingin tahu peserta didik kelas VIII materi prisma dan limas. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKPD untuk ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data adalah pengisian skala penilaian LKPD oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian adalah analisis kualitas produk. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD ini adalah valid apabila memperoleh kategori baik atau sangat baik dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 194,5 dari skor maksimal ideal 208 dan tergolong dalam kategori baik dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli media sebesar 57 dari skor maksimal ideal 72. Berdasarkan hal ini, produk LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.