PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Author: Yuhaniz, NIM.: 16600064
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44449/1/16600064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44449/2/16600064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44449/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Yogyakarta pada kelas IX E dan IX F tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan judgement expert sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecerdasan emosional dan skala self efficacy. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.