PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI MELALUI SISTEM DARING (Studi Kasus di SD Negeri Caturtunggal 4 Depok Sleman Yogyakarta)
Main Author: | Heri Tator, NIM: 14410205 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44429/1/14410205_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44429/2/14410205_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44429/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sistem daring sangat dibutuhkan adanya peran penting dari guru dan orang tua dalam meningkat prestasi belajar peserta didik, terutama dalam pembentukan akhlak, mempelajari baca tulis Al-Qur’an dan dalam melaksanaan proses praktek pembelajaran berupa materi hafalan Al-Qur’an, wudhu dan sholat yang merupakan materi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahannya adalah ingin mengkaji problematika pembelajaran daring untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun instrumen pengumpulan datanya berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah, guru PAI, peserta didik dan orang tua peserta didik, adapun analisis datanya menggunakan metode deskriptif dan pola berpikir induktif. Hasil penelitian berupa uraian tentang problematika pembelajaran daring dalam mata pelajaran PAI yaitu: guru tidak menguasai media pembelajaran daring dengan baik, peserta didik tidak siap dengan kuota, gangguan jaringan, kurang dukungan orang tua terutama dalam penhadaan kuota (disebabkan faktor ekonomi), motivasi peserta didik rendah karena tidak diawasi guru secara langsung.