HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMA KOTA YOGYAKARTA

Main Author: Maman Sanjaya, NIM. 16710035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44309/1/16710035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44309/2/16710035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44309/
Daftar Isi:
  • Toleransi merupakan salah satu nilai dalam Pendidikan karakter yang harus diaplikasikan di lembaga pendidikan sekolah disisi lain untuk mendidik dan mengajarkan berbagai pengetahuan. Siswa dengan berbagai latar belakang suku, ras, agama yang berbeda tentunya saling menghargai dan menghormati agar terciptanya lingkungan Pendidikan yang damai. Guru selain mengajarkan ilmu juga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter toleransi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keteladanan guru dan karakter toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yakni ada hubungan positif antara keteladanan guru dan karakter toleransi siswa sehingga semakin tinggi keteladanan guru maka semakin tinggi pula karakter toleransi siswa yang dimiliki. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK di kota Yogyakarta yang berjumlah 133 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala keteladanan guru dan skala karakter toleransi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara keteladanan guru dan karakter toleransi dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan Teknik analisis Pearson Product Moment memperoleh nilai koefisien sebesar 0,624 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( p<0,05) sehingga dapat dikatakan variable keteladanan guru memberi kontribusi efektif terhadap karakter toleransi sebesar 62%.