PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

Main Author: Izzah Naelun Ni’mah, NIM: 17104020046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44289/1/17104020046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44289/2/17104020046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44289/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana minat belajar bahasa Arab siswa dan adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum Krapuak Yogyakarta, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 85 – 88 dengan skor 30,91 %. (2) Minat Belajar bahasa Arab siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, berada pada kategori Sedang juga, yaitu pada kelas interval 54 – 57 dengan skor 41,82%.. (3) Pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta . Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh t hitung sebesar 2.094 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N= 55, yaitu 2.006. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 2.094 > 2.006 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 1 tahun ajaran 2020/2021.