PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR BERBASIS GAMES ANDROID (TAPUBA) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Main Author: Aslam Hanif, NIM. 16670011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43396/1/16670011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43396/2/16670011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43396/
Daftar Isi:
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi tidak dapat dihindari pengaruhnya pada dunia pendidikan. Berbagai terobosan banyak dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya untuk mengatasi kesulitan dalam mempelajari materi dan meningkatakan motivasi belajar guna meningkatakan hasil belajar siswa. Kimia adalah salah satu materi yang dinilai membosankan dan enggan dipelajari oleh peserta didik salah satunya sisitem periodik unsur yang mana didalamnya terdapat materi yang bersifat hafalan dan banyaknya nama unsur kimia. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D (four D). Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan diberi masukan oleh peer reviewer. Selanjutnya media divalidasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Produk kemudian dinilaikan pada empat pendidik kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian media Games puzzle berbasis android materi pokok sistem periodik unsur. Instrumen tersebut memuat penilaian game usability, mobility, dan game play. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan penilaian validasi ahli materi, media yang dikembangkan mendapat kategori baik, sedangkan berdasarkan penilaian validasi ahli media, mendapat kategori baik. Berdasarkan respon guru kimia mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 89 %dan siswa SMA/MA kelas X MIPA mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 92%.