HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ANAK SD MUHAMMADIYAH KALISOKA KULON PROGO

Main Author: Zulfa Muflihatul Husna, NIM.: 16480010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42952/1/16480010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42952/2/16480010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42952/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah anak sering lupa mengerjakan PR bahkan terkadang lupa membawa buku pelajaran di sekolah, orang tua tidak mengatur waktu belajar anak di rumah dan kebanyakan nilai PTS semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perhatian orang tua anak SD Muhammadiyah Kalisoka Kulon Progo, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar anak SD Muhammadiyah Kalisoka Kulon Progo, (3) Untuk menguji secara empiris hubungan perhatian orang tua dalam belajar dengan hasil belajar anak Muhammadiyah Kalisoka Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak SD Muhammadiyah Kalisoka Kulon Progo. Teknik sampling yang digunakan yaitu multi-phase sampling dengan jumlah subjek 41 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Uji Kai Kuadrat karena uji prasyarat tidak terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat perhatian orang tua dalam belajar anak SD Muhammadiyah Kulon Progo dalam kategori tinggi dengan rata-rata 58,02. (2) Tingkat hasil belajar anak SD Muhammadiyah Kulon Progo dalam kategori sedang dengan rata-rata 58,24. (3) Tidak ada hubungan antara perhatian orang tua dalam belajar dengan hasil belajar anak SD Muhammadiyah Kulon Progo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai chi square sebesar 17,664 dan nilai Asyimp. Sig. (2-sided) 0,170 > 0,05.