APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA

Main Author: Hariza Noor Perdani, NIM.: 16600028
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42605/1/16600028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42605/2/16600028_BAB-II_Sampai_BAB-IV.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42605/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran JOLALI (Jago Belajar Lingkaran) berbasis aplikasi android dengan pendekatan kontekstual yang akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Media pembelajaran ini memuat materi, kuis, dan game tentang lingkaran yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi perancangan (planning), penyusunan produk (production), dan evaluasi (evaluation). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu JOLALI divalidasi oleh para ahli, kemudian direvisi oleh peneliti, lalu diuji-cobakan pada siswa. Penilaian validitas dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Penilaian oleh ahli materi memberikan hasil persentase sebesar 91,02% (sangat memenuhi) dengan memuat indikator pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Adapun penilaian oleh ahli media mendapatkan hasil persentase sebesar 86,88% (sangat memenuhi). Berdasarkan penilaian tersebut, media pembelajaran berbasis android ini dinyatakan valid. Adapun penilaian kepraktisan oleh tiga puluh siswa memberikan hasil persentase sebesar 95,90% (sangat memenuhi), sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran JOLALI berbasis android layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa.