ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI IPA SMA N 1 RONGKOP GUNUNGKIDUL

Main Author: Toto Danarso, NIM.: 13680008
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42577/1/13680008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42577/2/13680008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42577/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) persentase siswa yang paham konsep, tidak paham konsep dan mengalami miskonsepsi pada materi sistem peredaran darah serta (2) konsep dimana siswa mengalami kesalahan dalam menjawab butir soal pada materi tersebut. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA N 1 Rongkop, dengan jumlah 24 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teks objektif berupa soal pilihan ganda yang disertai dengan respon CRI dengan skala 0-5 pada setiap soalnya. Data dianalisis dengan membandingkan benar/salah jawaban siswa dengan tingkat keyakinan jawaban pada setiap soalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan miskonsepsi pada beberapa konsep sistem peredaran darah yang dialami siswa kelas XI IPA SMA N 1 Rongkop, yaitu sebesar 9,29%, adapun siswa yang telah paham konsep sebesar 66,43% dan tidak paham konsep sebesar 24,29%. Subkonsep yang banyak mengalami kesalahan dalam proses menjawab soal diantaranya adalah subkonsep fungsi penyusun plasma darah.