PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO “KELUARGA BETI” DALAM CHANNEL YOUTUBE ARIF MUHAMMAD TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Main Author: NURHIDAYANTI, NIM.: 16210027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42264/1/16210027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42264/2/16210027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42264/
Daftar Isi:
  • Youtube merupakan salah satu platform yang paling banyak digemari dari semua kalangan masyarakat menurut data dari We are Social pada tahun 2019 Youtube mendominasi sebesar 88%. Oleh karenanya pemanfaatan aplikasi Youtube semakin beragam, seperti pemilik channel Youtube Arif Muhmmad yang aktif memanfaaatkan saluran Youtube-nya sebagai wadah untuk menyaluran bakat acting yang dimilikinya. Membuat sebuah cerita pendek bergendre komedi yang mengandung banyak pesan kebaikan terutama bagaimana bersikap kepada orang tua dan keluarga. Merujuk dari latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas menonton video “Keluarga Beti” dalam channel Youtube Arif Muhammad Terhadap Sikap Birrul Walidain Mahasiswa Penerima Bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah intesnitas (perhatian, penghayatan, durasi, dan frekuensi), sikap (kognitif, afektif, dan konatif) dan teori efek media. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana teknik penentuan responden menggunakan puposive sampling yang artinya penentuan responden berdasarkan kriteria yang dibuat oleh peneliti, adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 20 dan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasakan hasil penelitian diperoleh chi kuadrat atau chi square sebesar 17,371 dan dk=4 = 9,488. Sehingga memiliki arti 17,371 > 9,488, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas menonton video “Keluarga Beti” terhadap sikap birrul walidain mahasiswa penerima Bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.