KONSELING SEBAYA DALAM MENGATASI KONFLIK PERTEMANAN ANTAR SISWA MAN 1 YOGYAKARTA
Main Author: | Nur Aziza Bakti Kusumastuti, NIM.: 14220059 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42200/13/14220059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42200/14/14220059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya konflik yang terjadi di usia remaja. Karena pada perkembangan seorang remaja banyak terjadi perubahan yang kompleks seperti perubahan fisik, pola perilaku, peran sosial dan masa pencarian identitas diri. Konflik dapat berakibat lebih buruk ketika remaja kesulitan untuk mengolah dan mengatasinya sehingga konselor sebaya hadir untuk membantu remaja lain dalam mengatasi konflik mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan keterampilan dasar yang digunakan konselor sebaya. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah guru BK, siswa sebagai konselor sebaya dan konseli. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana tahapan keterampilan dasar konseling sebaya dalam mengatasi konflik pertemanan antar siswa MAN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah di atas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: tahapan keterampilan dasar konseling sebaya dalam mengatasi konflik pertemanan antar siswa MAN 1 Yogyakarta, yaitu: attending, emphatizing, summarizing, questioning, genuineness, assertiveness, confrontation dan problem solving mampu mengatasi konflik pertemanan antar siswa MAN 1 Yogyakarta dengan standar kemampuan konselor remaja.