MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI

Main Author: Ubaidillah, 18204010010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41466/1/18204010010_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41466/2/18204010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_compressed.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41466/
Daftar Isi:
  • Ubaidillah.ManajemenPendidikanNondikotomikdiYayasanPendidikan MinhajutThullabLampungTimurPerspektifIntegrasi-Interkoneksi.Tesis. Program Magister,ProdiPendidikanAgamaIslam,FakultasIlmuTarbiyah danKeguruanUniversitasIslam NegriSunanKalijaga.Yogyakarta,2020. Ilmu-ilmuskulerdaribaratmemandangsainsdanilmusosialtidakada kaitannyadenganpaham teologis,segalayangterjadidimukabumiini merekaanggapsebagaikejadianyangeksidentaltanpaadanyacampur tangan tuhan.Dikotomisasiilmu pengetahuan semacam itu sangat bertentangandenganajaranIslam,sehinggalembaga-lembagapendidikan perlu mengadakan reintegrasiilmu pengetahuan yang lebih holistikintegralistikdenganmemanfaatkansegalasumberdayayangada. Tujuan dariPenelitian iniadalah untuk Pertama mendeskripsikan manajemenpendidikannondikotomikyangadadiYayasanPendidikan Minhajut Thullab Lampung Timur.Kedua,mendeskripsikan bentuk keintegrasian sepertiapa yang ada diYayasan Pendidikan Minhajut ThullabLampungTimur.Ketiga,mendeskripsikanhasilyangdicapaidari implementasi manajemen pendidikan nondikotomik-integralistik di MinhajutThullabLamungTimur. Penelitian inimenggunakan metode kualitatifdeskriptif,pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam,dan dokumentasi.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanteknikreduksi data,penyajiandata,lalumenarikkesimpulandanmelakukanverifikasi. HasildaripenelitiandiYayasanPendidikanMinhajutThullabLampung Timur iniadalah:1).Manajemen pendidikan dilakukan dengan a). menyatukanvisi-misidantujuanantarapendidikanumum dandiniyah,b). menjadikan lingkungan masyarakat,alam,dan organisasieksternal sebagaifasilitaspendidikanyanginterkonektif.2).Integralisasipendidikan dilakukan dengan a).memadukan konsep pendidikan diniyah dengan pendidikanumum,b).melakukanintegrasimateriajarmelaluikegiatan edukasiyangmelibatkankerjasamaantargurumatapelajaran.3).Hasil yang dicapaia).menciptakanSDM yangdoubleskill,yaknimumpuni dibidang agama dan menguasaibidang ilmu pengetahuan umumnya sebagaimana yang dibutuhkan masyarakatsaatini,b).peserta didik mendapatkanduawawasansekaligus,yakniwawasankeagamaandan ilmupengetahuanumum.