PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Main Author: Ahmad Zubaidi, 17204010096
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/40984/1/17204010096_BAB-I_-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40984/2/17204010096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40984/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan kelayakan instrumen tes Mahārah Al-Istimā’ bagi mahasiswa bahasa Arab berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Kahoot di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan model Borg and Gall melalui analisis, desain, dan pengujian. Kelayakan didasarkan pada uji validator ahli dan uji pemakaian tahap akhir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penyusunan Instrumen Tes ini mengacu pada 5 tujuan/indikator dari Mahmūd Kāmil an-Naqoh kedalam 50 soal di desain produk dengan menggunakan aplikasi Kahoot, 2) Dari hasil validator ahli diketahui hasil kualitas materi didapat dengan rata-rata 5,37 serta kualitas media dari aplikasi didapat dengan rata-rata 4,75 (sangat layak), 3) Setelah didapat dari uji terbatas kepada 20 mahasiswa ada 6 soal atau 12% yang tidak layak karena tidak valid dan tidak memiliki daya beda, kemudian penulis revisi dan diujikan kepada 70 mahasiswa dengan hasil 100 % valid dan layak digunakan.