EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA KELAS XI MA/SMA

Main Author: Erfina Khasanah, 15600024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/40746/1/15600024_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40746/2/15600024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40746/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan, untuk: (1) mengetahui apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika pada kelas XI MA/SMA, dan (2) mengetahui apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-confidence peserta didik pada kelas XI MA/SMA. Jenis penelitian adalah quasi-experimental (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (independent variable) adalah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) serta variabel terikat (dependent variable) adalah pemahaman konsep matematika dan self-confidence peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Bantul sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Instrumen penelitian berupa pretest- posttest pemahaman konsep matematika dan prescale-postscale self-confidence peserta didik, sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data menggunakan statistika parametrik yaitu uji-t untuk pemahaman konsep matematika dan self-confidence peserta didik. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS Statistics 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika pada kelas XI MA/SMA, dan (2) model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-confidence peserta didik pada kelas XI MA/SMA.