Penggunaan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Proses Pembelajaran diProgram Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Main Author: IZUDIN, Ahmad
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/40079/1/Penggunaan%20Paradigma%20IntegrasiInterkoneksi%20dalam%20Proses%20Pembelajaran%20di%20Program%20Pascasarjana%20UIN%20Sunan%20Kalijaga%20Yogyakarta.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40079/2/surat-surat-pernyataan1597182499.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/40079/
http:// 10.18196/AIIJIS.2017.0069.110-140
Daftar Isi:
  • Artikel ini menganalisis penggunaan konsep integrasi dan interkoneksi dalamproses pembelajaran studi Islam di program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.Artikel ini mengekplorasi pengalaman dosen dan mahasiswa di program studistudi Islam interdisipliner di pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan hasilwawancara dan pengamatan, penulis memberikan perhatian terhadap dua halutama. Pertama, para dosen di UIN Sunan Kalijaga telah menerapkan konsepintegrasi dan interkoneksi dan memasukan nilai-nilai Islam dan pendekatanmultidisiplin di dalam silabus dan rencana pembelajaran. Kedua, para mahasiswa memberikan berbagai respons terhadap pengalaman mereka di kelas. Menurutmahasiswa, para dosen lulusan dari Barat, baik Eropa maupun Amerika, telahmendorong mahasiswa untuk berfikir secara kritis dan menggunakan berbagaipendekatan dalam menyelesaikan masalah. Terdapat juga para dosen yangmenggunakan pendekatan normatif dalam memahami perdebatan dan pemikirankritis dalam studi Islam