BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP N 3 BANGUNTAPAN BANTUL

Main Author: ANISA SARI YUSRINA, NIM. 16220064
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/39565/1/16220064_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/39565/2/16220064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/39565/
Daftar Isi:
  • Anisa Sari Yusrina, Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP N 3 Banguntapan Bantul: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Komunikasi interpersonal sangatlah penting untuk dimiliki setiap siswa. Komunikasi interpersonal yang baik dapat membuat siswa lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain, menyesuaikan diri dengan lingkungan, menerima informasi dengan baik dan menyampaikan pendapat. Namun pada kenyataannya, kemampuan komunikasi interpersonal siswa belum maksimal. Seperti yang terjadi pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 di SMP N 3 Banguntapan Bantul. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMP N 3 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan konseling dan siswa kelas VIII SMP N 3 Banguntapan Bantul. Obyek penelitian ini adalah tahap-tahap bimbingan klasikal dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP N 3 Banguntapan Bantul. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 5 tahap bimbingan klasikal dalam meningkatkan komunikasi interpersonal, yaitu perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan penilaian, dan yang terakhir adalah tindak lanjut.