MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nurussalamkrapyak PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM

Main Author: Lilik Nurjannah, NIM 14210034
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/38869/1/14210034_BAB-I_BAB-V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/38869/2/14210034_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/38869/
Daftar Isi:
  • Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna internet yang mana menempati posisi ke-7 didunia. Salah satu penggunaan instagram yaitu sebagai sarana eksistensi suatu organisasi atau instansi. Akun nurussalamkrapyak merupakan akun milik Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam dan banyak diakses oleh Santri Komplek Nurussalam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan kepuasan yang diharapkan atau motif (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah mengakses akun instagram nurussalamkrapyak. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan kuesioner yang dibuat dengan motif menggunakan media menurut McQuail. Responden dari penelitian ini adalah Santri Komplek Nurussalam yang mengakses akun instagram nurussalamkrapyak dengan jumlah sampel 50 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data hasil kuesioner diolah dengan SPSS kemudian diproses dengan coding sheet secara manual kemudian dianalisis. Sedangkan untuk mengetahui kesenjangan motif dan kepuasan dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy Palmgreen. Hasil dari perhitungan kesenjangan diketahui bahwa Santri dalam mengakses akun nurussalamkrapyak dari 15 total indikator kepuasan, terdapat 8 indikator yang dapat memenuhi kepuasan karena persentase kesenjangan kurang dari 30%, yaitu 3 indikator kepuasan inforamsi, 3 indikator kepuasan identittas diri, dan 2 indikator dari kepuasan interaksi sosial. Sedangakan indikator yang tidak dapat memenuhi kepuasan karena persentase kesenjangan lebih dari 30% terdapat 7 indikator dari total 15 indikator, yaitu 1 indikator kepuasan informasi, 3 indikator kepuasan interaksi sosial, dan 3 indikator kepuasan hiburan